Krisis Global (Overfishing)

[Kebenaran Menakutkan Dibalik Overfishing]

Overfishing, pembahasan mendasar bagi rekan2 yang mengaku anak perikanan, apalagi kuliah di perikanan (MSP). Dari sekian banyak artikel dan liputan media baik itu tulisan atau juga berupa film, sedikit banyak memberikan gambaran jelas bagi saya tentang Overfishing. Manakala ketika di kampus, kita banyak menerima input ilmu berupa teknis pengelolaan yang baik, tiba tiba dihadapkan pada sejumlah fakta yang tidak mungkin bilang tidak percaya, bahwa ada sesuatu yang salah.

Tidak ada banyak harapan dari saya kepada rekan2 dari tulisan ini, hanya sekedar ingin berbagi informasi. Semoga bisa menyentuh pada pola pikir kalian terhadap dunia kita, perikanan.

Informasi terkait disini:

A Global Crisis: The Scary Truth Behind Overfishing

by JEFF CLEMENTS on August 16, 2011

catatan 1ed (pengantar)

by jojkalien

Ada satu kenyataan baru yang saya ambil dari film “The Cove”, yaitu tentang Kebijakan Pengelolaan Perikanan di Jepang.

Di awal kuliah dulu, sering sekali dosen dosen perikanan saya menyatakan bahwa salah satu kiblat perikanan dunia ada di jepang. Tapi setelah nonton film “The Cove” ini, terbuka dengan jelas, apa pantas jepang?? apakah ada yang salah dari pernyataan dosen??

saya kira tidak, karena dari sudut pandang pengembangan tekhnologi, jepang-lah jagonya, dalam dunia perkuliahan pun banyak sekali referensi yang kita sendiri bergantung pada hasil penelitian mereka…

tapi… dengan keunggulan tersebut apakah sudah sampai pada pertimbangan dalam pengambilan kebijakan?? silahkan rekan2 nilai sendiri…

Dalam liputan dokumenter yang dilakukan oleh SEA SHERPED dalam EDGE OF THE WORLD (Documentary film), banyak dari kapal kapal penangkap ikan jepang yang beroperasi melebihi batas alias OVER, memang tidak hanya kapal jepang, namun kapal berbendera jepang-lah yang sering bertindak demikian.

sekarang coba kita tilik dulu makna essensi dari OVERFISHING

secara gampang bisa diartikan seperti ini: Penangkapan Ikan yang berlebihan/melebihi batas. dari kalimat di atas ada 2 kata kunci, yaitu Penangkapan Ikan dan Melebihi Batas.

Dalam dunia perikanan, penangkapan ikan yang tidak memiliki ijin dikatakan ilegal fishing, penangkapan ikan yang tidak menggunakan alat tangkap standart atau juga tidak ramah lingkungan dikatakan ilegal fishing.

sekarang, tentang melebihi batas. BATAS. sebenarnya seperti apakah batas yang dimaksud. Jika berbicara secara kuantitative, maka batas yang di maksud adalah batas jumlah ikan yang boleh di tangkap.

nah disinilah dilema itu muncul.

But how can scientists tell? They couldn’t possibly count every fish, especially when they can’t see them all. The ocean is so big and fish spend all of their time underwater! 

itulah pesan yang disampaikan oleh ilmuwan NEAQ. Bisa dibaca sendiri disini

dan hampir kebanyakan artikel dan jurnal tentang overfishing bernada sama, bahwa masih sulit untuk memastikan berapa jumlah ikan yang ada saat ini.

SULIT. bukan tidak mungkin, karena bisa kita lakukan pengamatan sendiri, terutama rekan2 yang tempat tinggalnya di daerah pesisir. Coba lakukan pengamatan secara kualitatif (kualitas). Contoh kegiatan sederhana, dan itu yang ingin coba disampaikan oleh penulis artikel GLOBAL CRISIS: THE SCARY TRUTH BEHIND OVERFISHING.

Dengarkan nelayan bercerita, tentang keluh kesah mereka, dan biarkan mereka membaginya dengan kalian.

  1. iwak-e wes podo ilang (ikannya sudah hilangnya)
  2. nangkep kudu adoh (nangkap ikan harus sampai jauh)
  3. bla..bla..bla..  dsb..

Bom atom ikan!!!

dari sedikit pengantar diatas, inilah kenyataan buruk dibalik overfishing: Ketika batas itu belum bisa ditentukan, maka tidak salah jika nelayan-nelayan jepang atau yang lain, sampai sekarang menangkap sesuai batas yang mereka tentukan sendiri. Tidak salah jika lembaga2 sosial seperti SEA SHERPED atau yang lain selalu memburu kapal tidak bertanggung jawab yang beroperasi melebihi batas.

Dan ikan2 yang tidak punya salah apa2 akan selalu menjadi korban dari kepentingan dan kebutuhan manusia.

to be continued…

About jojkalien

ingin tempatkan beberapa idealis untuk kelestarian alam View all posts by jojkalien

2 responses to “Krisis Global (Overfishing)

Komentar kalian

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: